Wako Zul Elfian Umar Soft Launching MPP Solok 2024.

 

SOLOKKOTA - RSN.Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar melakukan soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Solok, di Akmal Room Bappeda Kota Solok, Senin (30/09/24).

MPP Kota Solok berlokasi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Solok, Gedung D komplek Balaikota Solok.

Saat ini layanan MPP Solok meliputi : Pelayanan DPMPTSP, Dinas PUPR, Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Pajak Pratama, Bank Nagari Solok, Samsat Solok.

Turut hadir dalam soft launching itu, Kepala Kanwil Dirjen Pajak Sumbar dan Jambi, Arif Mahmudin Zuhri, Sekda Kota Solok, Syaiful A, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Pajak Pratama, Bank Nagari Solok, Samsat Solok, kepala OPD terkait serta undangan lainnnya.

Wako Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, Mal Pelayanan Publik (MPP) hadir sebagai salah satu terobosan pemerintah dalam menjawab harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang cepat, tepat, dan murah. Mal pelayanan publik diselenggarakan dengan menyatukan seluruh jenis pelayanan yang ada di suatu daerah ke dalam satu tempat dan sistem.

Dengan hadirnya sistem kerja yang terintegrasi, kita bersama dapat mengawasi kinerja pelayanan publik, menguatkan ekosistem inovasi, serta menguatkan pelayanan yang terpadu dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang cepat serta kemudahan akan informasi yang akurat.

" Kita ingin mengubah pola pelayanan publik yang terkotak-kotak dan terpisah satu sama lain, menjadi pelayanan publik yang terpadu, untuk itu, perlu kesadaran kolektif memadukan kewenangan, menyepakati standar dan jenis pelayanan publik, serta mengubah cara kerja yang lebih terpadu lintas institusi birokrasi," jelas wako.

Dengan adanya Mal Pelayanan Publik seharusnya mampu mengikis layanan publik yang identik dengan menyita waktu, antrean panjang, praktik percaloan, dan minimnya informasi layanan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pelayanan publik bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman. Kita sama-sama mengetahui bahwa di era ini sering disebut dengan istilah “zaman now”, dimana masyarakat sangat bergantung pada gadget dan teknologi informasi.

Menyikapi hal tersebut, maka pemerintah dituntut selalu mampu dan cepat beradaptasi dengan segala perubahan agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

Kemajuan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat menyebabkan perubahan sosial, yakni perubahan cara hidup, cara berpikir, dan cara berinteraksi dalam masyarakat. Hal ini berimplikasi pada keinginan dan harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang serba mudah, cepat, dan terjangkau.

Kita semua dituntut untuk semakin kreatif dalam menemukan cara-cara baru dalam menyelesaikan berbagai isu, khususnya dalam hal memenuhi kebutuhan pelayanan di tengah masyarakat yang semakin beragam. 

" Sekali lagi, saya ingin mengajak saudara-saudara sekalian untuk yakin bahwa “kita bisa, jika kita mau”. Kita semua memiliki peran, tanggung jawab, dan potensi. Mari kita gunakan setiap kesempatan untuk terus mengembangkan kemampuan diri untuk bersaing ke arah yang positif dalam mewujudkan visi bersama," ajak wako. 

Untuk terwujudnya penyelenggaraan MPP Kota Solok pada tahun ini dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak dengan kunci penyelenggaraan MPP adalah komitmen, kerja sama, integrasi, serta kinerja dan kualitas pelayanan.

Harapan kami, tentunya pihak-pihak yang akan melaksanakan pelayanan publik pada MPP Kota Solok dapat memanfaatkan sarana dan fasilitas secara maksimal untuk peningkatan pelayanan di Kota Solok.

Dalam kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih atas komitmen yang kuat dari seluruh jajaran Pemerintah Daerah/ Provinsi, kementerian/lembaga dan BUMD yang telah mempersiapkan langkah kolaborasi MPP Kota Solok.

" Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada OPD yang terlibat untuk mewujudkan MPP Kota Solok yang hadir pada hari ini, atas dedikasi dan upaya yang dilakukan secara terus-menerus untuk menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat," tutup wako.


007&6.

Lebih baru Lebih lama