Luar biasa “Serbu” Nagari Singkarak, Ratusan Personil TNI/Polri dan Masyarakat Aksi Goro di Pinggir Danau Singkarak.

 

Solok,RSN--Ratusan personil Kodim 0309/Solok berpakaian dinas dan kaos olahraga “menyerbu”nagari Singkarak dalam serangkaian aksi sosial memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 79, Kamis (17/10).


Dibawah komando Dandim 0309 Solok Letkol (Kav) Sapta Raharja, sekitar 300 orang personil Tentara dengan membawa peralatan cangkul,sabit dan keranjang sampah itu, langsung bergabung dengan personil Polres Solok Kota, pegawai Camat Singkarak serta puluhan anggota FKPPI guna melakukan gotong royong serentak membersihkan  tumpukan sampah di sepanjang tepi danau Singkarak tersebut.

Terhadap aksi itu, Dandim 0309 Solok Letkol (Kav) Sapta Raharja mengatakan, pihaknya sengaja mengerahkan personil untuk bersama-sama dengan masyarakat, pegawai kecamatan, personil Polres Solok Kota dan Polsek Singkarak membersihkan bibir danau Singkarak yang telah tercemar oleh sampah kiriman dari aliran Batang Lembang.


“Aksi gotong royong ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, sehingga pada momentum hari jadi TNI ke 79 ini kita melaksanakan goro bersama warga,”ujar Letkol (Kav) Sapta Raharja.


Hadir mengikuti  aksi gotong royong ini Camat Singkarak Krismon Darma, Kapolsek Singkarak Iptu Ronald, Wali Nagari Singkarak Rahman, seluruh Wali Jorong nagari Singkarak, para pelajar dan  pemuka masyarakat setempat.


Dalam kelompok besar, peserta gotong royong saling membahu membersihkan pinggiran danau dari gumpalan sampah-sampah pastik, geruntung kelapa dan potongan kayu-kayu yang dibawa hanyut  oleh aliran Batang Lembang kala musim hujan.

Sejalan dengan aksi gotong royong itu, Dandim 0309 Solok Letkol (Kav) Sapta Raharja mengajak semua lapisan masyarakat agar bersama-sama  menunjukkan kepedulian untuk menjaga kelestarian  lingkungan di sekitar danau Singkarak.

Menurutnya, ketika danau Singkarak telah tampil bersih dan asri, dipastikan pengunjung dan wisatawan akan ramai singgah menikmati pesona danau yang memang sangat luar biasa ini. Masyarakat sekitar harus memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan danau.

Kata Letkol Sapta Raharja, dampak dari kebersihan  pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat juga.

“Bila lingkungan danau bersih dan nyaman dikunjungi, akan banyak wisatawan datang. Nah, wisatawan yang berkunjung kesini, tentu akan berbelanja berbagai kuliner dan cendramata yang disediakan. Sehingga perekonomian pedagang kuliner yang merupakan warga singakrak, akan menjadi meningkat,” jelasnya.


Disisi lain, Dandim 0309 Solok sekaligus menggugah masyarakat yang berada di bantaran Batang Lembang,  serta yang berdomisili di pinggir danau Singkarak agar tidak membuang sampah di sembarang tempat,  yang mengakibatkan danau penuh dengan sampah-sampah.

“Sampah yang dihasilkan rumah tangga, agar dibuang di tempat sampah yang disediakan di rumah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu,  Wali Nagari Singkarak Rahman, mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kepedulian jajaran Kodim 0309 Solok bersama Polres Solok Kota dan pemerintah kecamatan. Kegiatan gotong royong yang dilakukan dalam rangka HUT TNI ke 79 ini, sangat membantu masyarakat dan pemerintah nagari untuk menciptakan lingkungan danau yang bersih dan asri.

Kemudian Dengan ucapan Terimakasih kami kepada bapak  Dandim, yang telah memilih nagari Singkarak sebagai lokasi gotong royong  dalam rangkaian  peringatan Hari TNI 79,”ujar Rahman.


007&6.

Lebih baru Lebih lama