Babinsa Bantu Peternak Kelinci dan Pemeliharaannya.

 

Solsel.RSN.Babinsa Koramil 12/Sangir Kodim 0309/Solok, melaksanakan kegiatan Program Karya Basamo Untuak Nagari dibidang peternakan yaitu pemeliharaan hewan ternak kelinci bersama warga binaan di Nagari Lb Malako, Kec. Sangir Jujuan, Kab. Solok Selatan, Jumat (06/09/2024).

“Menurut Serka Denisahgusmarnik kegiatan Pendampingan yang dilakukan karena sudah menjadi tugas pokok sebagai seorang aparat teritorial sebagai sarana bersilahturahmi kepada warga supaya lebih dekat dan bisa menjalin kebersamaan,” ujarnya.

Ternak kelinci adalah salah satu pilihan dalam usaha yang cukup menjanjikan. Mamalia yang sangat familiar ini memiliki beberapa keunggulan tertentu, sehingga prospek untuk dikembangbiakanpun sangat tinggi.

Hewan ini memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik, pemeliharaannya yang sangat mudah, modal relatif kecil, dan bisa berkembang biak serta tingkat permintaannya yang sangat tinggi.

Untuk Perkembangan hewan peliharaan saat ini sudah berusia 13 bulan kondisi nya dalam keadaan sehat. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan melaksanakan pembersihan kandang dan pemberian pakan serta minum kepada hewan peliharaan.

Kelinci suatu hewan mamalia dari famili Leporidae. Kelinci berkembangbiak dengan cara beranak yang disebut vivipar. Kelinci banyak keunggulan dibandingkan hewan yang lain terutama kelinci pedaging. Salah satunya tingkat reproduksi kelinci yang cepat bahkan sekali melahirkan bisa mencapai 8 sampai 12 anak.

Kemudian Serka Dinsahgusmarnik juga mengingatkan kepada peternak kelinci, agar dapat selalu menjaga kebersihan diseputaran lingkungan dikarenakan kandang ternak tersebut dekat dengan area pemukiman tempat tinggal warga, sehingga setiap hari harus dibersihkan dengan harapan agar tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu kenyamanan warga disekitar kandang ternak kelinci tersebut,” pungkas Babinsa.

007.

Lebih baru Lebih lama