Green Rangers Event UNAND Bersih-bersih Batang Arau, Ajak Warga Peduli Lingkungan

Padang, RSN - Sebanyak 50 mahasiswa Universitas Andalas bergotong royong membersihkan Sungai Batang Arau pada Minggu, 25 Agustus 2024. Aksi ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan memperbaiki kualitas air sungai.

Panitia Green Rangers Event, yang bernaung di bawah Kementerian Lingkungan Hidup BEM KM Universitas Andalas (UNAND), telah sukses melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan. Ekspedisi ini merupakan kegiatan cleaningup sungai yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Masyarakat terhdap pentingnya menjaga kebersihan Sungai.


Tahun ini, aksi cleaning up berlangsung selama satu hari, yakni Minggu, 25 Agunstus 2024 pada pukul 09.00 WIB. Sebanyak 50 relawan ikut andil dalam melakukan bersih Sungai di dekat jembatan Siti Nurbaya ini. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Ketua pelaksana GRE, Menteri lingkungan hidup BEM UNAND, Presidium mahasiswa yang di wakili oleh sekretaris negara BEM UNAND, dan dibuka secara resmi oleh lurah batang arau.

Dengan tema "Aksi Nyata Untuk Bumi Kita", kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan di Sungai Batang Arau. Beberapa kegiatan yang dilakukan seperti pemungutan sampah disepanjang tepi Sungai Batang Arau, perumahan warga dengan gotong royong Bersama warga setempat, dan juga pembersihan Sungai Batang Arau dengan menyusuri aliran Sungai menggunakan bantuan kapal nelayan setempat.

Selain fokus pada pembersihan, aksi cleaning up ini juga melakukan pemilihan sampah dengan membedakan jenis sampah berdasarkan kategori organik dan anorganik. Pemilihan sampah yang dibedakan ini bertujuan agar pengelolaan akhir sampahnya bisa membantu pendaurulangan sampah tersebut. Green Rangers Event tidak hanya memberikan pengetahuan tentang lingkungan, tetapi juga memberikan wadah bagi kita semua untuk lebih sadar akan kebersihan sekitar dan kepedulian terhadap lingkungan melalui berbagai aksi yang bisa di lakukan, Pencemaran lingkungan dan perairan merupakan ancaman serius bagi keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Limbah dan polutan yang mencemari lingkungan dapat merusak ekosistem dan menyebabkan berbagai penyakit. 

Melalui aksi bersih-bersih ini, kami berharap dapat menumbuhkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Lebih dari sekedar mendengar, kami ingin aksi ini menjadi langkah nyata dalam mengubah perilaku sehari-hari. Suksesnya kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi perubahan yang lebih besar, membuktikan bahwa setiap tindakan kecil, jika dilakukan secara konsisten, dapat membawa dampak yang signifikan.

Dengan melibatkan masyarakat dan anak muda secara langsung, Green Rangers Event membuktikan bahwa generasi muda memiliki potensi besar untuk menjadi solusi bagi permasalahan lingkungan. Green Rangers Event adalah sebuah gerakan yang terus berkembang. Setelah sukses mengadakan aksi cleaning up ini, mereka akan terus berkembang dan memberi manfaat bagi semua orang. Green Rangers Event akan terus berbagi pengetahuan dan isu-isu terkini tentang lingkungan, membuka mata para siswa, mahasiswa, dan masyarakat akan pentingnya menjaga bumi kita.

Kontributor: Rahman Ramadhan, Reva Ratu Fiola – Universitas Andalas
Editor: F. Malin Parmato
Lebih baru Lebih lama