Optimalkan Antrean Online Melalui Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Kemitraan Kota Solok

 

Kota Solok,RNS.Dalam Upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan Fasilitas Kesehatan (Faskes), BPJS Kesehatan Cabang Solok melaksanakan monitoring dan evaluasi pengelolaan kerja sama Faskes dengan Pemangku Kepentingan Tingkat Kota Solok Tahun 2024 dengan berkomitmen untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam memberikan akses pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok Neri Eka Putri mengatakan bahwa pertemuan kemitraan ini dilaksanakan untuk memantapkan hubungan kemitraan yang mana diperlukannya pemahaman yang sama atas program-program yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan.

“Kita berharap akan adanya kerja sama yang saling menunjang dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kota Solok untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diantaranya melalui Antrean Online di Faskes,” ungkap Neri (19/6/2024).

Lanjutnya Neri , melalui Antrean Online di Faskes peserta JKN mendapatkan kepastian waktu layanan di Faskes, akurasi persentase pemenuhan kapasitas Faskes dan Faskes mendapatkan informasi mengenai prognosa kunjungan.



“Peserta JKN mudah mendapatkan antrean dan registrasi dari manapun berada. Sehingga dapat mengurangi pasien yang menunggu di rumah sakit dan memberikan kepastian terhadap layanan informasi kepada peserta JKN mengenai perkiraan waktu layanan,” kata Neri.

Selanjutnya, Antrean Online ini juga terhubung melalui Aplikasi Mobile JKN dengan cara peserta JKN memilih menu Pendaftaran Pelayanan (Antrean) dan mengklik jenis Faskes serta mengisi keluhan penyakit yang ingin diperiksa.

Ungkapnya Neri, bahwa capaian Antrean Online Mobile JKN FKRTL di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok per Bulan Juni Tahun 2024 yakinnya yang tertinggi RSKIA Haryanda Sijunjung dengan Capaian 100 persen. Selanjutnya, RSIA Permata Bunda dengan capaian 38,46 persen dan Rumkit. TK. IV Solok dengan capaian 17,49%



Dan“Melalui Forum Kemitraan ini, kita berharap atas dukungan dari Pemda Kota Solok dan Dinas Kesehatan untuk mengoptimalkan implementasi Antrean Online dan Antrean Online Mobile JKN di Faskes terutama 14 Faskes di Kota Solok” kata Neri

Kemudian Hingga Juni 2024 ini, capaian kerja sama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berjumlah 14 unit diantaranya empat Puskesmas, tiga Tempat Praktik Mandiri Dokter (TPMD), tiga Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi (TPMDG), dua klinik Pratama Swasta, satu Klinik TNI dan satu Klinik Polri. Sedangkan kerja sama Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) berjumlah 5 yakni nya satu Rumah Sakit Type B, dua Rumah Sakit Type C, satu Rumah Sakit Type D dan satu Klinik Umum.

007#.

Lebih baru Lebih lama